AKADEMI DIGITAL INDONESIA

Sekilas tentang

Akademi Digital Indonesia

Akademi Digital Indonesia (ADI) adalah salah satu divisi RADNExT yang bertujuan untuk memelihara ekosistem pengembangan ilmu pengetahuan utamanya TIK, melalui pelatihan, magang, pembuatan konten dan penyediaan jurnal ilmiah.

Pemeliharaan ekosistem pengembangan ilmu pengetahuan ini menjadi penting, karena bisnis utamanya dalam bidang TIK, selalu diawali dari penelitian yang dilakukan oleh akademisi yang kemudian diaplikasikan di masyarakat sehingga menjadi bisnis.

Memelihara ekosistem pengembangan ilmu pengetahuan, penting dilakukan dalam bisnis Information and Communication Technology (ICT). Karena teknologi yang digunakan dalam bisnis ini, selalu berawal dari penelitian yang dilakukan oleh akademisi. Hingga kemudian hasil penelitian tersebut kemudian diaplikasikan di masyarakat menjadi sebuah bisnis dalam dunia industri ICT.

Oleh karena itu, bukanlah sebuah hal yang berlebihan jika RDI membentuk divisi berbasis komunitas yang menangani hal ini. Divisi ini kemudian diberi nama Akademi Digital Indonesia (ADI). Tugas utama divisi ini adalah untuk memelihara ekosistem pengembangan ilmu pengetahuan, dengan jalan menjembatani berbagai kegiatan produktif yang mendukung perkembangan literasi masyarakat melalui teknologi digital.

Dari awal berhubungan dengan masyarakat dan dunia pendidikan pada khususnya, RDI sadar bahwa ada hal penting yang dibutuhkan yaitu workshop, pelatihan dan internship (pemagangan). Terutama pada teknologi-teknologi yang berhubungan dengan digital pada umumnya dan teknologi berbasis internet pada khususnya.

Oleh karena itulah, semenjak awal RDI menyiapkan ADI menjadi divisi yang mengkoordinasi kegiatan-kegiatan ini.

Perkembangan bisnis Internet di Indonesia diawali pada tahun 1995 dengan berdirinya PT Rahajasa Media Internet sebagai Internet Service Provicer (ISP) pertama di Indonesia. Langkah ini kemudian dilanjutkan oleh PT Radnet Digital Indonesia (RDI), dengan memperluas layanan tidak saja dalam bidang koneksi Internet atau sebagai ISP, namun juga menyediakan layanan digital yang mencakup banyak bidang selain koneksi Internet itu sendiri.

Dari pengalaman lebih dari 25 tahun ini, membuat RDI sadar bahwa salah satu kewajiban sebagai institusi bisnis adalah terus menjaga upstream bisnis ini. Yaitu ekosistem pengembangan ilmu pengetahuan, utamanya ilmu pengetahuan dalam bidang ICT.

 

Berbagai Macam Pelatihan

Akademik Digital Indonesia

Workshop & Bootcamp

Bertujuan untuk mengenalkan pengaplikasian teknologi tertentu pada masyarakat. Sesi pelatihan yang diadakan dapat dilakukan secara daring maupun dengan bertatap muka.

Program Internship

Program internship dapat diikuti oleh siswa, mahasiswa, guru, maupun dosen. Semua peserta internship akan ditempatkan dalam bisnis terkait yang sesuai dengan ilmu kejuruan.

Publikasi Jurnal Ilmiah

Akadmei DigItal Indonesia berkomitmen untuk menyediakan media publikasi jurnal online yang bekerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia.